Pengertian Badan Golgi, Struktur Badan Golgi dan Fungsi Badan Golgi

Tubuh Golgi juga bisa disebut alat Golgi. Kompleks Golgi atau kompleks dicosomal adalah organel yang terkait dengan fungsi sekresi seluler, dan strukturnya dapat diamati menggunakan mikroskop optik normal.

Tubuh golgi hadir di hampir semua sel eukariotik dan sering ditemukan di organ yang mengeluarkan fungsi ekskresi, misalnya di ginjal.

Setiap sel hewan memiliki 10 hingga 20 tubuh Golgi, sementara sel tanaman memiliki hingga ratusan tubuh Golgi.

Mayat Golgi yang ditemukan dalam tanaman disebut dicosom. Tubuh Golgi pertama kali ditemukan oleh seorang ahli patologi dan patologi Italia bernama Camillo Golgi.

Tubuh Golgi adalah organel terbesar di sitoplasma. Tubuh Golgi memiliki kantong pipih yang ditumpuk dan disusun dari besar ke kecil (panjang sekitar 1-3 mikron dan lebar 0,5 mikron) dan diikat oleh membran.

Bentuk tubuh Golgi dalam sel hewan dan tumbuhan memiliki bentuk yang relatif sama.

Tubuh Golgi didistribusikan ke seluruh sitoplasma dan saling berhubungan sehingga tubuh Golgi membentuk struktur serumit jaringan.

Nah untuk lebih lengkap simak penjelasan yang sudah contohsoal.co.id rangkum dibawah ini.

Pengertian Badan Golgi

Badan Golgi
Badan Golgi

Tubuh Golgi memiliki fungsi mengubah enzim dari bentuk tidak aktif menjadi aktif.

Tubuh Golgi juga memiliki fungsi lain, yaitu penyimpanan sementara protein dan zat lain yang berasal dari retikulum endoplasma.

Zat-zat ini dikemas dalam kantong membran atau lepuh dan kemudian dikirim ke membran plasma. Selain itu, badan Golgi bertanggung jawab untuk pembentukan lisosom.

Tubuh golgi terdiri dari 5 hingga 20 kantong pipih. Secara umum, tubuh Golgi terletak di sel sekretori (seperti di pankreas).

Tubuh golgi memiliki jumlah yang berbeda tergantung pada jenis, fungsi dan tahap pertumbuhan sel.

Misalnya, ketika dinding sel baru terbentuk, sel tanaman mungkin memiliki banyak tubuh Golgi, terutama di sekitar dinding sel.

Tubuh golgi dapat menghasilkan vesikel yang mengandung berbagai bahan yang membentuk dinding sel.

Pada sel hewan, peristiwa yang sama terjadi ketika hormon terbentuk. Setiap sel dapat memiliki ribuan tubuh Golgi.

Struktur tubuh golgi

Struktur tubuh Golgi adalah dalam bentuk bundel tas, berbentuk seperti cakram bercabang, yang pada ujungnya menjadi serangkaian kapal kecil.

Karena tubuh Golgi memiliki hubungan yang sangat dekat dengan fungsi output sel, pembuluh juga mengumpulkan dan mengemas karbohidrat dan zat lain yang akan diangkut ke permukaan sel. Kapal-kapal ini juga berkontribusi terhadap bahan bangunan dinding sel.

Tubuh golgi terdiri dari selaput yang memiliki bentuk tubulus dan vesikel. Dari tubulus ini kantong kecil dikeluarkan berisi berbagai bahan yang diperlukan, seperti. Misalnya, enzim yang membentuk dinding sel.

Tubuh Golgi adalah bagian dari sel yang hampir mirip dengan retikulum endoplasma.

Tubuh Golgi, bagaimanapun, terdiri dari ruang berlapis yang ditutupi oleh membran. Badan Golgi terdiri dari dua bagian, yaitu bagian cis dan bagian trans.

Bagian cis menerima vesikel, biasanya berasal dari REK (Retikulum Endoplasma Kasar). Vesikel diserap dalam ruang tubuh Golgi dan isi vesikel diproses untuk disempurnakan dan seterusnya.

Ruang bergerak dari cis ke trans. Pada bagian ini, ruang pecah dan juga membentuk vesikel dan dapat didistribusikan ke berbagai bagian sel lain atau di luar sel.

Fungsi Badan Golgi

Fungsi badan Golgi meliputi:

Buat karung atau vesikel yang berfungsi untuk sekresi. Itu terjadi di sel-sel kantong kelenjar kecil yang mengandung enzim dan berbagai bahan lainnya.

  • Tubuh Golgi membentuk membran plasma Golgi atau membran vesikel sama dengan membran plasma. Kantong yang dilepaskan menjadi bagian dari membran plasma.
  • Membentuk dinding sel pada tanaman.
  • Membentuk akrosom dalam sperma, mengandung enzim untuk memecah dinding oosit dan untuk membentuk lisosom.
  • Tempat protein dimodifikasi.
  • Memesan dan mengemas molekul yang berfungsi untuk sekresi seluler.
  • Di tubuh Golgi ada berbagai varian vesikel berselaput:

Ditutupi dengan clathrin, itu adalah yang pertama kali ditemukan dan dipelajari.

Lapisan clathrin terdiri dari clathrin dan juga disesuaikan. interaksi lateral antara adaptin dan clathrin untuk pembentukan tunas.

Ketika kuncup clathrin dikultur, protein yang larut dalam sitoplasma, termasuk dinamin, membentuk cincin di setiap leher kuncup dan mematahkannya.

Kemasan permata dilapisi COPI dari sebelum Golgi dan antara tank. Beberapa protein lapisan COPI menunjukkan urutan yang mirip dengan adaptin dan mungkin dianggap berasal dari perkembangan yang sama. Paket paket dengan lapisan COPII dari RE.

Pengetahuan